Kolam Renang Sebagai Elemen pada Taman Rumah

Kolam renang dapat dipergunakan sebagai elemen pada taman rumah. Bentuknya dapat disesuaikan dengan kondisi lahan.

Kolam Renang Sebagai Elemen pada Taman Rumah

Pemilik rumah dengan lahan luas mungkin mengidamkan kolam renang pribadi di halaman rumahnya. Awalnya, keberadaan kolam renang ini mungkin hanya sekadar untuk tempat rekreasi dan olahraga. Di sisi lain, keberadaannya pun ternyata bisa sebagai elemen pengisi taman rumah.

Sebagai pengisi taman, kolam renang dapat ditempatkan pada bagian di tengah-tengah lahan, sudut, atau tepi lahan. Soal lokasi kolam, sebetulnya sangat fleksibel. Namun ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan. Hal ini berkaitan dengan desain bangunan, luas rumah, arah sinar matahari, letak rumah tetangga, dan kebutuhan penghuni rumah akan fungsi kolam renang itu.

Dari sisi bentuk, sebetulnya ada banyak jenis yang bisa diterapkan. Walau pada prinsipnya soal bentuk ini bisa kita bagi berdasarkan peruntukannya. Untuk rekreasi di rumah, dapat dibuat kolam dengan bentuk yang lebih bebas. Bisa lingkaran, persegi, atau kurva tak beraturan. Kurva atau lingkaran merupakan bentuk yang cocok diaplikasikan di rumah. Bentuk ini minim akan sudut-sudut tajam, sehingga lebih aman buat anak-anak dan kaum lanjut usia. Selain itu, bentuk seperti ini juga memiliki kesan alami, tidak kaki, dan sekaligus bisa menjadi elemen estetika pada taman. Sementara itu, pada rumah dengan lahan yang terbatas, kolam renang persegi empat lebih cocok.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Incoming search terms:

  • rumah dan kolam renang

Comments

Leave a Reply

You might also likeclose